Langkah Mudah untuk Membuat Pinukuik / panekuk tradisional yang Enak Banget

Langkah Mudah untuk Membuat Pinukuik / panekuk tradisional yang Enak Banget

Pinukuik / panekuk tradisional.

Langkah Mudah untuk Membuat Pinukuik / panekuk tradisional yang Enak Banget

Lagi mencari ide resep pinukuik / panekuk tradisional yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pinukuik / panekuk tradisional yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pinukuik / panekuk tradisional, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan pinukuik / panekuk tradisional enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan pinukuik / panekuk tradisional sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Pinukuik / panekuk tradisional menggunakan 6 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pinukuik / panekuk tradisional:

  1. Ambil 2 gelas tepung beras.
  2. Gunakan 3 gelas air putih / santan.
  3. Sediakan Kelapa parut dari 1/2 kelapa yg agak muda(kalau pakai air putih).
  4. Sediakan Garam secukupnya (+/- 1/2 sdt).
  5. Ambil Minyak goreng untuk mengoles cetakan.
  6. Siapkan 5 potong tape singkong (+/- 300 g).

Langkah-langkah menyiapkan Pinukuik / panekuk tradisional:

  1. Masukkan tepung beras dan tape kedalam baskom, kemudian remas dan aduk dengan tangan sampai homogen. Diaduk agak lama.
  2. Tambahkan gula, garam lalu tambahkan santan atau air putih sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan. Jangan sampai ada gumpalan. Bentuk adonan kental (seperti adonan kue semprong)..
  3. Tutupi baskom dengan kain/ lap basah, lalu diamkan+/- 5 jam, sampai adonan mengembang. Setelah itu tambahkan kelapa parut jika menggunakan air putih. Lalu diamkan lagi 1/2 jam. jika menggunakan santan, maka tidak perlu ditambahkan kelapa parut.
  4. Adonan siap dimasak dalam cetakan. jika belum punya cetakan, dapat juga menggunakan penggorengan namun harus sering dioles minyak. Pakai teplon lebih baik..

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pinukuik / panekuk tradisional yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Back To Top