Langkah Mudah untuk Membuat Pukis Nangka/Pancong pasti Menul yang Bikin Ngiler

Langkah Mudah untuk Membuat Pukis Nangka/Pancong pasti Menul yang Bikin Ngiler

Pukis Nangka/Pancong pasti Menul.

Langkah Mudah untuk Membuat Pukis Nangka/Pancong pasti Menul yang Bikin Ngiler

Sedang mencari inspirasi resep pukis nangka/pancong pasti menul yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pukis nangka/pancong pasti menul yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pukis nangka/pancong pasti menul, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan pukis nangka/pancong pasti menul enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pukis nangka/pancong pasti menul yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pukis Nangka/Pancong pasti Menul menggunakan 9 jenis bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pukis Nangka/Pancong pasti Menul:

  1. Siapkan 200 gr terigu apa saja.
  2. Sediakan 150 gr nangka.
  3. Sediakan 100 gula.
  4. Sediakan 2 sendok mkn susu bubuk, kental manis gpp kl gak ada.
  5. Ambil 1/2 sendok mkn baking powder, baking soda gpp kl gak ada.
  6. Siapkan 5 sendok mkn margarin lelehkan, blueband lebih enak.
  7. Sediakan 150 ml air/segelas hampir penuh.
  8. Ambil 1 butir telur.
  9. Ambil 1/2 sdm fermipan/½ bungkus.

Langkah-langkah menyiapkan Pukis Nangka/Pancong pasti Menul:

  1. Campur semua bahan selain tepung, baking powder, dan margarin. Bisa diblender, mixer atau manual.
  2. Setelah tercampur tambahkan tepung dan margarin aduk rata. Biarkan minimal 15 menit agar fermipan/ragi bekerja.
  3. Panaskan cetakan, lebih bagus kalau bawah cetakan diberi alas agar panas api kompor jatuhnya rata, seng atau apalah, kalau saya pakek tutup kaleng biskuit monde (maksa banget 😁).
  4. Masukkan dan aduk rata baking powder dalam adonan sebelum adonan dipanggang. Olesi cetakan dengan margarin jika bukan berbahan anti lengket.
  5. Masukkan adonan setengah tinggi karena akan mengembang seperti ini. Apinya kecil saja, biarkan terbuka sebentar baru ditutup (agar lebih terbentuk sarang/rongganya).
  6. Panggang kurleb 5 menit sampai agak coklat (lebih bening gak putih).
  7. Angkat dan tuh, kan. Sarangnya kebentuk banget, gak bantat. Pasti menul. Dijamin..
  8. Bukak lagi dapet menul lagi, sampek abis.
  9. Note: lebih bagus pakek baking powder double action karena kerjanya 2x (ketika kena air dlm adonan dan saat pemanggangan).
  10. Beda baking powder sama baking soda adalah kl baking soda bersifat basa (agak pahit kalau kebanyakan) dan hanya bisa bekerja jika dalam adonan ada bahan yg bersifat asam. Sedang baking powder itu baking soda yg dah dicampur dg bahan lain sehingga bisa bekerja walau tanpa asam..
  11. Rongga kecil yang mempengaruhi adalah fermipan, kalau yg panjang2 itu dr baking powdernya. Untuk mengetes baking powder masih aktif gaknya bisa dimasukkan air, kalau berbuih berarti masih aktif. Kalau fermipan masukin ke air+gula, jika beberapa saat kemudian berbuih berarti aktif.
  12. Dah gitu aja, yang pasti enak..
  13. Eh, lagi.. 😁 kalau gak suka susu bisa diganti santan. Yang pasti, yang paling berpengaruh enak gaknya kue satu ini adalah banyaknya margarin, susu/santannya..
  14. Dan benar² udah, gitu ajahh…

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pukis nangka/pancong pasti menul yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Back To Top