Bagaimana Menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang) yang Menggugah Selera

Bagaimana Menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang) yang Menggugah Selera

Ayam Geprek (Sambal Bawang). Lihat juga resep Ayam geprek sambel bawang enak lainnya. Sementara ayam dimarinasi, kamu siapkan mangkuk. Lalu masukkan semua bahan pelapis dan campur rata bahan pelapis.

Bagaimana Menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang) yang Menggugah Selera Buat kamu yang ingin membuat rasa ayam geprek lebih renyah dan gurih, perhatikan bahan adonan tepung yang harus disiapkan. Jangan sampai ada bahan yang kurang. Makan ayam geprek sambal bawang pedesnya nampol#ayamgeprek#pedes#tulungagung# Cara Membuat Ayam Geprek – Berbicara ayam geprek, sepertinya makanan ini sedang menjadi trend senter di bidang kuliner yang kini ngehitz di Indonesia setelah adanya Ayam Penyet beberapa waktu lalu.

Lagi mencari inspirasi resep ayam geprek (sambal bawang) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam geprek (sambal bawang) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam geprek sambel bawang enak lainnya. Sementara ayam dimarinasi, kamu siapkan mangkuk. Lalu masukkan semua bahan pelapis dan campur rata bahan pelapis.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam geprek (sambal bawang), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam geprek (sambal bawang) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan ayam geprek (sambal bawang) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang) menggunakan 19 jenis bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang):

  1. Ambil Bahan ayam goreng tepung :.
  2. Ambil 2 potong ayam, cuci bersih.
  3. Gunakan 5 sdm tepung terigu.
  4. Siapkan 2 sdm tepung bumbu sajiku (bisa full tepung sajiku, cuma waktu bikin, tepung sajiku dirumah udah sisa dikit :p).
  5. Ambil 2 siung bawang putih, haluskan.
  6. Ambil secukupnya garam/kaldu bubuk.
  7. Ambil secukupnya lada.
  8. Gunakan 2 sdm telur (karena ayamnya cuma 2 potong).
  9. Ambil minyak untuk menggoreng.
  10. Siapkan Bahan sambal bawang :.
  11. Sediakan 7 cabe rawit merah / oranye (rendam air panas semenit).
  12. Ambil 1 siung bawang putih (yang kecil aja, ngeri bau bawang banget).
  13. Sediakan 1 sdt minyak panas.
  14. Ambil secukupnya garam/kaldu bubuk.
  15. Siapkan secukupnya gula.
  16. Sediakan Pelengkap :.
  17. Gunakan terong goreng tepung (wajib! cocok banget soalnya).
  18. Sediakan irisan ketimun.
  19. Gunakan irisan tomat.

Terbuat dari ayam yang digoreng dengan tepung crispy kemudian di geprek dengan sambal mentah dari campuran cabai rawit, bawang putih, garam dan gula pasir. Resep sambal bawang putih ayam geprek ini sangat mudah dibuat dirumah sendiri karena biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan atau sebagai pendamping nasi. Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Cara membuat ayam geprek sambal bawang yang nikmat memang sangatlah mudah dan biasanya ayam geprek sebagai pendamping nasi atau di jadikan lauk.

Langkah-langkah menyiapkan Ayam Geprek (Sambal Bawang):

  1. Campur ayam yang telah dicuci bersih dengan bawang putih halus, garam/kaldu bubuk, dan lada. Ratakan. Masukkan kulkas. Diamkan beberapa saat. (aku semalaman, paginya baru digoreng supaya lebih meresap).
  2. Jika udah ingin digoreng. Buang bawang putihnya, ga perlu dicuci. (Kalo suka, bisa juga bawang putihnya ikut digoreng). Tuang telur. Ratakan..
  3. Taruh ayam ke adonan terigu (terigu, tepung sajiku, garam/kaldu bubuk, dan lada). Kalau pake full tepung sajiku, ga perlu ditambahkan garam/kaldu bubuk dan lada lagi ya. Cubit-cubit ayamnya sambil diratakan..
  4. Siapkan wajan. Panaskan minyak. Goreng ayamnya dengan api kecil hingga berubah warna..
  5. Angkat. Sisihkan..
  6. Sambal : Cuci bersih cabe rawit, rendam dalam air panas selama 1-2 menit aja. Lalu buang airnya..
  7. Siapkan cobek. Ulek cabe rawit dan bawang putih. Cabenya ga perlu sampe halus ya. Tambahkan minyak panas, garam/kaldu bubuk dan gula. Aduk rata. Sisihkan..
  8. Cara penyajian : Ambil sepotong ayam, taruh diatas cobek. Geprek beberapa kali..
  9. Olesi ayam geprek tsb dengan sambal bawang..
  10. Nikmat disajikan dengan pelengkap, terong goreng tepung (jadi ada manis-manisnya gitu hihi), irisan ketimun dan tomat..
  11. Selamat mencoba ~! (klo ga kuat pedes, cabe rawitnya bisa dikurangi atau gula di sambalnya tambahin agak banyak aja).

Ayam Adalah Protein Yang Baik Untuk Otot. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Langkah & cara membuat ayam geprek sambal bawang : Pertama haluskan dulu bumbu ungkep dan setelah itu lumuri daging ayam yang sudah di potong potong tadi dengan bumbu ungkep ayam, kemudian tambahkan air secukupnya saja atau hingga daging ayamnya tampak terendam oleh air. Masaklah hingga daging ayam matang dan menjadi empuk. Ayam Geprek Sambal Bawang termasuk salah satu varian ayam geprek yang digemari di Indonesia loh!

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam geprek (sambal bawang) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Back To Top