Resep Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama) yang Bisa Manjain Lidah

Resep Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama) yang Bisa Manjain Lidah

Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama).

Resep Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama) yang Bisa Manjain Lidah

Anda sedang mencari ide resep sambal seblak untuk cemilan (tahan lama) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal seblak untuk cemilan (tahan lama) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal seblak untuk cemilan (tahan lama), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambal seblak untuk cemilan (tahan lama) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambal seblak untuk cemilan (tahan lama) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama) memakai 11 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama):

  1. Sediakan 5 buah bawang merah.
  2. Sediakan 3 siung bawang putih.
  3. Gunakan 1 cm kencur (sesuai selera).
  4. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  5. Siapkan 3 sdm kacang tanah goreng.
  6. Sediakan Bumbu tabur balado manis pedas.
  7. Sediakan Bumbu tabur asin gurih.
  8. Gunakan Cabe bubuk halus.
  9. Gunakan Cabe bubuk kasar (dari cabe kering).
  10. Sediakan secukupnya Gula pasir.
  11. Ambil 200 ml minyak sayur (tambah jika kurang).

Cara menyiapkan Sambal Seblak untuk Cemilan (Tahan Lama):

  1. Iris bawang merah, bawang putih, dan daun jeruk (buang bagian tengahnya karena pahit). Goreng bawang merah dan bawang putih hingga kecoklatan. Goreng juga daun jeruknya (sebentar saja). Sementara kencur bisa digoreng, disangrai atau langsung dipakai. Blender/uleg kasar kacang tanah goreng..
  2. Blender/uleg bawang goreng dan kencur hingga cukup halus. Campur kacang goreng blender dan bawang kencur blender di dalam satu wadah..
  3. Untuk membuat versi bumbu tidak pedas: tambahkan 2 sdm bumbu tabur asin gurih, 1 sdt balado manis pedas dan 1/4 sdt gula pasir. Tambahkan daun jeruk goreng. Tuang minyak hangat ke dalam campuran bumbu hingga bumbu cukup terendam. Aduk rata dan bisa ambil seperempatnya untuk yg tidak suka pedas..
  4. Versi pedas: dari sisa bumbu yg masih ada di wadah tambahkan 1 sdm balado manis pedas, 1 sdt cabe bubuk halus, 3 sdt cabe bubuk kasar (sesuaikan sesuai selera tingkat pedasnya)..
  5. Tambahkan daun jeruk goreng (kalo udah ditambahkan diawal, waktu membuat versi tidak pedas, tidak perlu ditambah lagi). Tuang minyak sayur hangat ke dalam wadah berisi campuran bumbu, aduk rata dan bisa langsung disajikan. Bumbu seblak ini bisa bertahan 2-4 minggu. Itu karena menggunakan minyak bukan air. Minyak dapat memperlambat daya tahan bumbu. Sajikan untuk bumbu berbagai cemilan yg digoreng (kerupuk, lidi, makaroni, dll.).

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal seblak untuk cemilan (tahan lama) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Back To Top