Cara Gampang Menyiapkan Tempe Mendoan, Enak Banget

Tempe Mendoan. Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Cara Gampang Menyiapkan Tempe Mendoan, Enak Banget However, tempe mendoan also could be made from normal tempeh that was sliced very thin but wide. Mendoan is a type of fried food that comes from the residency of Banyumas, Central Java, Indonesia. The word mendoan comes from the Banyumasan language word Mendo which means half-cooked or mushy; mendoan means cooking with much hot oil quickly so the cooking is not properly completed.

Anda sedang mencari inspirasi resep tempe mendoan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tempe mendoan yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tempe mendoan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan tempe mendoan yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Tempeh mendoan originates from the city of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Most people consider tempeh mendoan as a snack, and is one of the more popular Indonesian street food, for good reason. Imagine tempeh, coated with a layer of spiced batter, and deep-fried in hot oil until it develops a crispy, crunchy, and super savory skin.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah tempe mendoan yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tempe Mendoan memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Tempe Mendoan:

  1. Gunakan Tempe.
  2. Gunakan Tepung Terigu.
  3. Sediakan Tepung Serbaguna.
  4. Gunakan Daun Bawang.
  5. Sediakan Air.
  6. Siapkan Bawang Putih.
  7. Siapkan Bawang Merah.
  8. Ambil Kemiri.
  9. Sediakan Ketumbar.
  10. Ambil Lada Bubuk.
  11. Sediakan Garam.
  12. Gunakan Kaldu Bubuk.

Mendoan is often made of Tempeh and tofu. Tempe Mendoan, kuliner khas Banyumas tempe tipis dilapisi adonan tepung lalu digoreng. Tempe Mendoan Tempe Mendoan adalah sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus.

Cara membuat Tempe Mendoan:

  1. Potong tempe dengan irisan tipis dan potong Daun bawang.
  2. Haluskan bumbu bawang putih, bawang merah, garam, ketumbar, kemiri..
  3. Campur bumbu yg sudah dihaluskan dengan tepung terigu, tepung serbaguna, daun bawang kemudian tambahkan air secukupnya sampai adonan pas (Tidak encer & tidak kental) dan Tambahkan lada dan kaldu bubuk secukupnya..
  4. Panaskan minyak goreng lalu Masukkan tempe yang sudah diiris tipis tipis satu persatu ke adonan lalu goreng hingga matang dan warnanya berubah coklat keemasan..

Tempe mendoan dapat ditemui di warung-warung tradisional khususnya di wilayah karisidenan Banyumas dan Tegal. Kata mendoan berasal dari bahasa Banyumas, mendo berarti lembek atau basah. Mendoan yang berarti memasak tempe dengan minyak panas yang banyak dengan cepat, sehingga tempe tidak matang benar. Tempe mendoan yang berarti mendo-mendo di pangan ini sebenarnya merupakan potongan tempe kedelai berselimut tepung terigu berbumbu lalu digoreng di dalam minyak yang cukup panas dan banyak. Untuk menghasilkan tempe mendoan asli khas Banyumas di gorengnya hanya sebentar saja.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat tempe mendoan yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *